Selasa, 27 Oktober 2009

SMS Gateway

Menarik. Ketika saya mengikuti kegiatan forkomil mingguan di universitas Ma Chung, salah seorang kakak angkatan saya, Mas Anas, menyampaikan topik yang sangat menarik. Topik yang disampaikannya bertajuk “SMS Gateway”. Apa sih sebenarnya SMS Gateway itu?. Mungkin saya akan sedikit share dengan anda.

Keunggulan SMS (Short Message Service) yang sederhana, cepat dan mudah membuat masyarakat semakin tertarik untuk selalu menggunakan teknologi ini. Jumlah pengguna yang semakin meningkat dari hari ke hari menjadikan para provider telekomunikasi menurunkan tarif pengiriman SMS seiring bertumbuhnya pengguna. Tentu saja banyak kalangan mengambil sisi peluang bisnis dari tren berSMS ini.

SMS Gateway sebenarnya muncul karena semakain tingginya minat masyarakat dalam bertukar informasi melalui SMS. Kemunculan MMS, 3G videocall, dan sejenisnya tidak mempengaruhi aime masyarakat untuk berSMS ria. SMS merupakan pengiriman pesan berupa Alphanumeric singkat. Pengiriman SMS ini bisa dilakukan dengan didukung oleh jaringan GSM maupun CDMA.

SMS gateway sendiri sebenarnya dalah pintu gerbang penyebaran informasi sebagai bentuk aplikasi komputer dengan media SMS yang didasarkan pada suatu database. Keunggulan dari SMS gateway ini sendiri adlah Message customination, automatic reply dan large capacity. Fitur yang dimiliki SMS gateway diantaranya beruapa auto reply (berdasarkan dari SMS request), pengiriman massal (berdasarkan dari SMS broadcast) dan pengiriman terjadwal (pengiriman SMS, bebas dan terjadwal).

Alat-alat yang diperlukan dalam aplikasi SMS Gateway ini berupa:

1. Komputer: nantinya akan menjadi server dan tidak memerlukan spesifikasi khusus.

2. Handphone atau modem

3. SMS centre: Penyedia store/forward, layanan nomer pendek dan SMS broadcast

4. Library komponen: meruakan library yang tersedia. Tersedia versi gratis (FBUS, BOOMERANGGSM) dan versi komersial (OXYGEN dan WinSMS)

Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari kita secara tidak sadar telah menggunakan aplikasi SMS Gateway ini. Banyak perusahaan menggunakan fitur SMS gateway ini untuk mendapatkan profit yang sangat besar. Misalnya aplikasi Reg(spasi).... kirim ke ... . Dengan tarif yang sangat mahal banyak orang menggunakan fitur tersebut. Misalkan provider penyedia SMS centre menggambil untung 20% dari tarif SMS (biasanya sekitar Rp 2000), bayangkan berapa rupiah yang masuk ke kantong para penyedia layanan SMS Gateway kalikan dengan berapa orang customer yang mereka miliki. Ternyata berwirausaha itu mudah ya kalau kita kreatif...^^

Fitur SMS Gateway ini juga banyak dikembangkan dalam sistem informasi akademis yang memanfaatkan fitur auto reply dalam informasi nilai. Selain infotaiment dan pendidikan sistem ini sebenarnya juga bisa dikembangkan dalam banyak aspek lain seperti kesehatan dan pariwisata.

Selamat mencoba^^

1 komentar: